Selasa, 28 Juni 2011

makalah Pemahaman Konsep Keanekaragaman Tumbuhan Dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekolah Dalam Pembelajaran Biologi


BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

Berdasarkan fenomena yang terjadi pada beberapa sekolah,  seperti di SMP dan SMA terdapat beberapa kendala yang dihadapi guru dalam pembelajaran biologi. Salah satu kendalanya adalah dalam mengajarkan konsep keanekaragaman tumbuhan. Menurut para guru penanaman konsep keanekaragaman tumbuhan pada siswa sangat sulit. Kesulitan itu disebabkan sulitnya siswa menghafal nama-nama tumbuhan yang ada, referensi yang kurang, waktu terbatas dan jam mengajar guru cukup padat.
Diperoleh keterangan bahwa lingkungan sekolah belum pernah dimanfaatkan dalam proses pembelajaran, khususnya keanekaragaman tumbuhan. Temuan ini sesuai dengan pendapat guru bahwa dalam proses belajar mengajar biologi guru masih dominan untuk memindahkan ilmu pengetahuan kepada siswa tanpa membuat siswa aktif dalam belajar. Pada kenyataannya guru lebih banyak menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran biologi. Menurut Sukmadinata (1988), guru yang baik adalah guru yang berhasil dalam pengajaran, yaitu guru yang dapat mempersiapkan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran sesuai dengan yang dirumuskan dalam kurikulum. Sudah banyak tulisan yang menyoroti tentang lingkungan, tetapi penelitian - penelitian tersebut belum menyentuh langsung tentang upaya peningkatan pemahaman konsep khususnya konsep keanekaragaman tumbuhan. Proses pembelajaran dengan metode ceramah dalam pembelajaran biologi cenderung membuat siswa menjadi pasif, dan tidak ada keinginan siswa untuk mencoba melakukan penelitian sederhana dalam belajar. Dengan demikian mempelajari biologi, khususnya keanekaragaman tumbuhan diperlukan proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses.  Pendekatan keterampilan proses melatih siswa untuk melakukan pengamatan dan mencoba secara langsung masalah yang diamati dalam proses pembelajaran.           
Menyimak gejala-gejala tersebut di atas diperlukan peningkatan pemahaman konsep keanekaragaman tumbuhan pada siswa. dan pelaksanaannya dalam pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar. Lingkungan sekolah adalah segala sesuatu yang berada di sekitar sekolah, meliputi lingkungan hidup (biotik) seperti tumbuh-tumbuhan dan hewan serta lingkungan yang tidak hidup (abiotik) seperti tanah, air, udara, iklim dan  sinar matahari (Depdikbud, 1994). Sehubungan dengan hal tersebut Kimmins (1997) menyatakan ada dua komponen penting di lingkungan organisme yaitu faktor abiotik (fisik dan kimia) dan biotik. Lingkungan inilah dimanfaatkan sebagai sumber belajar dalam pembelajaran biologi di sekolah.







1.2  Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang diatas rumusan masalah yang akan di angkat pada makalah ini adalah :
1.      Apakah pemanfaatan lingkungan sekolah dalam pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman konsep keanekaragaman tumbuhan pada siswa?
2.      Apakah pemanfaatan lingkungan sekolah dapat meningkatkan kemampuan siswa mengerjakan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) secara berkelompok dalam memahami konsep keanekaragaman tumbuhan?

1.3  Tujuan Penulisan

Tujuan penulisan makalah tentang “ Pemahaman Konsep Keanekaragaman Tumbuhan Dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekolah Dalam Pembelajaran Biologi  “ yaitu :
1.      untuk meningkatkan pemahaman konsep keanekaragaman tumbuhan pada siswa
2.      untuk meningkatkan kemampuan siswa mengerjakan lembar kegiatan secara berkelompok dalam memahami konsep keanekaragaman tumbuhan.




BAB II
PEMBAHASAN


Menurut Funk dan Harlen (1993), keterampilan proses merupakan keterampilan intelektual yang dipergunakan untuk memproses informasi yang diperoleh dalam pembelaiaran. Sebagaimana dimuat dalam Depdikbud (1994) bahwa pendekatan keterampilan proses adalah pendekatan dalam proses belajar mengajar yang menekankan kepada pembentukan keterampilan memperoleh dan mengkomuni-kasikan perolehannya. Dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses diharapkan mencapai sasaran belajar sesuai dengan tujuan kurikulum pengajaran seperti dikemukakan oleh Bloom meliputi aspek pengetahuan (cognitive domain), aspek sikap (affective domain), dan aspek keterampilan (psychomotor domain) (Darmodjo dan Kaligis, 1992). Dari pendapat para ahli di atas dapat disimpulkan bahwa, pendekatan keterampilan proses merupakan pendekatan yang dianggap paling tepat untuk pengajaran biologi.
Menurut Rifai (1992) anak didik harus diakrabkan dengan upaya-upaya nyata pelestarian keanekaragaman hayati di lingkungan sekitarnya seperti mengadakan kunjungan ke kebun koleksi bibit, taman kota, halaman sekolah, kebun binatang, cagar alam dan sebagainya. Kunjungan tersebut akan menambah wawasan mereka tentang pentingnya pemanfaatan sumber daya keanekaragaman hayati, secara bijaksana terutama dalam proses belajar. Dampak lain dari upaya tersebut menyebab-kan siswa memahami arti penting dari keanekaragaman khususnya keanekaragaman tumbuhan. Sulasmi (2000) menyatakan keanekaragaman tumbuhan merupakan bentuk penampilan atau perwujudan alamiah yang berbeda-beda dari tumbuhan yang terdapat di suatu wilayah. Perwujudan alamiah tersebut dapat berupa ciri atau sifat morfologi, anatomi, fisiologi, genetik dan ekosistem dari tumbuhan.
Pemanfaatan lingkungan sekolah dalam pembelajaran biologi dapat meningkatkan pemahaman konsep keanekaragaman tumbuhan pada siswa. Arief (1996) yang menyatakan penggunaan media dalam bentuk asli akan lebih bermakna bagi anak didik dan bagi pengembangan ilmu pengetahuan biologi dibandingkan media bentuk model, gambar dan sketsa. Temuan ini juga didukung oleh penelitian Lisowski dan Disinger (1984) yang mengemukakan bahwa konsepsi siswa mengenai konsep ekologi dan pengaruh strategi pengajaran lapangan dapat meningkatkan pemahaman mereka dan retensi pada konsep ini. Senada dengan temuan tersebut Yount dan Horton (1992) mengemukakan bahwa siswa yang memiliki sikap terhadap lingkungan yang lebih baik akan dapat mengambil keputusan yang lebih baik pula dalam upaya pelestarian lingkungan sekitarnya.
Bila dibandingkan dengan temuan peneliti yang dirujuk, maka penulisan makalah ini mempunyai karakteristik tersendiri yaitu pemanfaatan tumbuhan yang ada di lingkungan sekolah dalam upaya mempercepat pemahaman konsep keanekaragaman tumbuhan pada siswa. Hasil penelitian ini bermanfaat bagi siswa, seperti :
1.      siswa memiliki keterampilan untuk mendapatkan ilmu yang berupa “keterampilan proses” atau metode ilmiah,
2.      gairah belajar siswa meningkat, tercermin dari keaktifan siswa dalam melakukan kegiatan di lapangan dan di kelas, dan
3.      belajar menjadi bermakna, karena setelah konsepnya dipahami maka konsep tersebut lebih lama dapat diingat.
              Temuan ini didukung oleh pendapat Arikunto (1990) bahwa lingkungan sekolah merupakan sesuatu yang dekat dengan dunia siswa dan mudah dikenal dalam kehidupan sehari-hari, serta lingkungan sekolah merupakan tempat yang menunjang sebagian dari kebutuhan siswa.
Penulisan makalah ini juga  berguna bagi guru, karena :
1.      guru dapat memperdalam pendekatan dan metode yang digunakan,
2.       guru menjadi lebih profesional, karena meningkatnya pengetahuan dan pemahaman tentang PTK.

Temuan ini didukung oleh Susilo (2000) menyatakan bahwa guru yang terampil melaksanakan penelitian tindakan kelas (PTK) adalah guru yang selalu mau meningkatkan proses pembelajaran yang dikelolanya.
Implikasi penulisan ini bagi sekolah adalah sekolah memiliki guru yang profesional dan sekolah dapat menambah koleksi tumbuhan yang berguna dalam proses pembelajaran, keindahan, kesejukan, dan pelestarian lingkungan. Tidak kalah penting artinya penulisan  makalah ini bagi peneliti yaitu:
1.       dapat meningkatkan pengetahuan tentang PTK,
2.       mengenal lebih dalam pembelajaran biologi di sekolah, dan
3.      dapat merintis kerja sama kemiteraan dengan sekolah dan guru.
Pemanfaatan lingkungan sekolah dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengerjakan LKS secara berkelompok. Hal ini dapat terwujud karena pada setiap pelaksanaan tindakan, guru selalu membentuk kelompok-kelompok yang terdiri atas lima sampai enam orang siswa, baru kemudian dibagikan LKS. Kelompok ini tidak selalu tetap, karena pada setiap siklus selalu berubah susunan anggotanya. Perubahan ini bertujuan memudahkan guru membimbing siswa, (b) membiasakan siswa bekerja secara berkelompok pada setiap orang, dan (c) meningkatkan keaktifan berdiskusi dengan suasana baru, serta siswa akan lebih bergairah belajar.
Pada siklus I ada tiga kelompok yang belum aktif seperti kelompok 4, 6, dan kelompok 7. kelompok ini belum aktif berdiskusi, belum dapat menyelesaikan tugas dengan tuntas dan belum mampu membuat kesimpulan dengan benar. Dentsch (dalam Lazarowith dan Slavin, 1984) menyatakan agar pembelajaran dapat berlangsung secara kerja kelompok, maka siswa harus mempersiapkan diri saling tergantung secara positif antara anggota kelompok lain.
Pada siklus II dengan diadakan perubahan susunan kelompok dan fokus guru lebih diarahkan pada kelompok yang kurang tuntas, ternyata dapat meningkatkan aktivitas kelompok menjadi lebih baik dan aktif. Kenyataan ini terlihat pada :
a.       masing-masing kelompok mampu menyelesaikan tugasnya, dan
b.      siswa telah berani mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan temannya.
              Hal ini menunjukkan kerja sama kelompok dapat dibangun dari kesadaran masing-masing individu dalam kelompok. Temuan ini didukung pendapat Slavin (1986) bahwa ciri khusus yang membentuk belajar kelompok adalah metode ini mendorong siswa bekerja sama untuk belajar dan bertanggung jawab.
Pada siklus III dirubah lagi susunan kelompoknya. Perubahan ini diperlukan karena pada siklus II masih ada enam orang siswa yang belum tuntas belajar, walaupun secara umum kerja kelompok sudah menunjukkan aktivitas yang baik. Dimasukkannya siswa yang belum tuntas ke dalam satu kelompok, ternyata dapat memacu mereka untuk belajar dan berkarya lebih baik, ini dibuktikan pada siklus III hasil postes mencapai 94,87%. Dengan hasil tersebut berarti pemahaman konsep keanekaragaman tumbuhan dan kemampuan siswa mengerjakan tugas secara berkelompok berada dalam kategori baik.













BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
a.       Pemanfaatan lingkungan sekolah dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan     pemahaman konsep keanekaragaman tumbuhan pada siswa.
b.       Kerja sama kelompok semakin meningkat pada setiap siklus. Keberhasilan ini ditunjukkan dengan aktifnya siswa dalam diskusi kelompok dan diskusi kelas, sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna bagi siswa.
c.       Guru semakin kreatif dan profesional karena dengan pengalaman mengadakan PTK guru mendapatkan bekal dalam peningkatan profesional dan pengembangan proses pembelajaran di kelasnya.












3.2                   Saran
            Berdasarkan kesimpulan di atas dapat disarankan sebagai berikut :
1.      Pemerintah dalam membangun sekolah diharapkan supaya membuat halaman yang rindang dan kaya akan keanekaragaman tumbuhan, sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran biologi, pelestarian lingkungan dan keindahan. 
2.      Kepada Depdiknas agar memberikan perhatian kepada guru-guru sehingga memahami dan mampu melakukan PTK, sehingga dapat mengikuti masalah yang dihadapi dalam proses pembelajaran di sekolahnya.
3.      Bagi kepala sekolah disarankan agar memberikan peluang kepada gurunya untuk mengembangkan kreativitas dan profesionalismenya dalam pembelajaran, sehingga guru tidak hanya mentransfer ilmu pengetahuan tetapi mendorong siswa menemukan atau membuktikan teori melalui pengalaman langsung.
4.        Bagi guru diharapkan selalu menambahkan pengetahuan gagasan baru dalam pembelajaran sehingga dapat meningkatkan gairah belajar siswa.





DAFTAR PUSTAKA

Arief, A. 1996. “Menciptakan Situasi Belajar Mengajar yang Dinamis”. Jurnal Chimera 1 (1)/96:5 – 21.
Arikunto, S. 1990. Lingkungan Sebagai Sumber Belajar di Sekolah. Jakarta: Dirjen Dikti P2Tk. Depdikbud.
Arikunto, S. 1999. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumiaksara.
Darmodjo, H, & Kaligis, J.R.E. 1992. Pendidikan IPA II. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti P2TK.     
Depdikbud. 1994. Kurikulum SLTP. Petunjuk Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikdas & Menengah, Direktorat Pendidikan Menengah Umum.
Depdikbud. 1999. Penelitian Tindakan (Action Research). Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikdasmen, Direktorat Pendidikan Menengah Umum.
Funk, J., & Harlen, W. 1993. The Teaching in Science. London: David Fulton Publisher.
Kimmins, J.P. 1997. Forest Ecology, A Foundation for Sustainable Management. Second Edition. New Jersey 07458: Prentice-Hall, Inc
Lazarowitz, C.W., & Slavin, R. 1984.  Learning to Cooperative, Cooperative to Learn. New York: Plenum Press.
Lisowski, M. dan Disinger, J.F. 1987. Cognitive Learning in The Environment: Secondary Students. ERIC/SMEAC Environment Education Digest No. 1, 1987.(http://www.ed.gov/databases/ERIC_Digests/ed.286756-html.13-1-97).
Rifai, M.A. 1992. Keanekaragaman Hayati dalam Kelas Sekolah. Surabaya: FPMIPA IKIP Surabaya.
Sardjono. 2000. Permasalahan Pendidikan di Sekolah dan Upaya Pemecahannya. Malang: Dirjen Dikti Depdiknas.
Sujana, N.1989. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung : Penerbit PT. Remaja Rosdakarya.
Slavin, R. 1986. Cooperative Learning Theory, Research and Practice (2nd). Boston: Allyn and Bacon.
Sukmadinata, N.S. 1988. Prinsip dan Landasan Perkembangan Kurikulum. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti. P2LPTK.
Sulasmi. E.S. 2000. Pengajaran Keanekaragaman Tumbuhan di SMU, Permasalahan dan Pemecahannya. Malang: Depdiknas UM, FMIPA. Makalah, 23 Pebruari 2000.
Susilo, H. 2000. Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Masa Depan. Malang: Depdiknas Universitas Negeri Malang. Disajikan dalam Seminar Pemberdayaan Penalaran dengan Tema Penyiapan Generasi yang Berkualitas Melalui Pengembangan Penalaran Siswa SLTP di SLTPN 2 Malang 15 April 2000. 
Yount, J.R & Horton, P.B. 1992. Factor Influenching Environmental Attitude: The Relationship Between Environmental Attitude Defensibility and Cognitive Reasoning Level. Jurnal of Research in Science Teaching 29(10)1051-1077.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar