Selasa, 28 Juni 2011

contoh RPP


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP )

Tingkat sekolah           : Sekolah Menengah Atas
Mata pelajaran             : Biologi
Kelas                           : XI ( sebelas )
Semester                      : 1
Alokasi waktu             : 2 X 45 menit
Pokok bahasan            : Jaringan hewan
Sub pokok bahasan     : Struktur jaringan pada hewan

Standar kompetensi    :
·         Memahami struktur jaringan hewan
Kompetensi dasar       :
·         Mendeskripsikan struktur jaringan hewan vertebrata
Indikator                     :
·         Mengenal berbagai jaringan pada hewan
·         Menggambarkan berbagai struktur jaringan pada hewan
·         Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan pada hewan
Tujuan pembelajaran   :
·         Siswa dapat mengetahui struktur jaringan pada hewan
Materi pembelajaran    :
Jaringan pada hewan
Jaringan adalah kumpulan sel yang mempunyai bentuk dan fungsi sama. Untuk memahami berbagai jaringan yang membentuk organ tubuh hewan harus dilakukan pengamatan dengan menggunakan bantuan mikroskop. Jaringan yang menyusun tubuh hewan terdiri atas jaringan epitel, jaringan otot, jaringan saraf, dan jaringan penguat.

·         Jaringan epitel
Jaringan epitel adalah jaringan yang menutupi permukaan tubuh, organ tubuh, rongga tubuh, atau permukaan saluran tubuh hewan. Fungsi jaringan epitel yaitu sebagai pelindung, sebagai penerima rangsang, sebagai kelenjar, dan sebagai lalu lintas zat. Jaringan epitel dibedakan menjadi bermacam macam yaitu epitel pipih, epitel kubus, epitel silindris dan epitel transisional.
·         Jaringan otot
Jaringan otot tersusun atas sel sel otot yang tugasnya menggerakkan berbagai organ tubuh. Ini di sebabkan kemampuan jaringan otot untuk berkontraksi. Kemampuan kontraksi ini sangat di mungkinkan karena sel sel otot mengandung protein kontraksi yang memanjang dan mengandung serabut-serabut halus, disebut miofibril. Jaringan otot dibedakan menjadi 3 yaitu jaringan otot polos, otot lurik dan jaringan otot jantung.
·         Jaringan saraf
Jaringan saraf tersusun atas sel sel saraf atau neuron. Sel saraf terdiri atas badan sel yang memiliki banyak cabang. Cabang-cabang inilah yang menghubungkan sel saraf satu dengan sel saraf lainnya sehingga terbentuk jaringan saraf. Ada 3 macam sel saraf yaitu sel saraf motorik, sel saraf sensorik dan sel saraf penghubung.

·         Jaringan penguat
Jaringan penguat sering disebut juga jaringan penyokong atau jaringan penunjang. Yang termasuk jaringan penguat yaitu jaringan pengikat, jaringan tulang rawan, jaringan tulang, jaringan darah dan jaringan limfa.

           

Strategi pembelajaran              :                                  
1. Metode        : ceramah dan diskusi
2. Model          : Cooperatif learning
3. Media          : gambar alat pernapasan dan mekanisme pernapasan pada burung

Kegiatan belajar mengajar:
a.       Pendahuluan ( 15 menit )
·         Guru membuka pelajaran dengan salam
·         Apsepsi ( guru memberi motivasi dan semangat kepada siswa )
·          Guru mengabsen siswa
·         Guru menanyakan kembali kepada siswa tentang pelajaran pada pertemuan sebelumnya mengenai pengertian pernapasan
·         Guru memberi tau kepada siswa tujuan dari pembelajaran hari ini

b.      Kegiatan inti ( 55 menit )
·         Guru menjelaskan tentang macam macam jaringan pada hewan
·         Guru mejelaskan fungsi berbagai jaringan pada hewan
·         Guru dan siswa bersama sama mengamati struktur berbagai jaringan hewan
·         Guru mengadakan studi membaca untuk mengidentifikasi berbagai jaringan pada hewan

c.       Kegiatan penutup ( 20 menit )
· Guru memberi kesempatan kepada perwakilan dari siswa untuk menyimpulkan kegiatan pembelajaran hari ini
· Guru kembali meluruskan kesimpulan serta mengkoreksi kesimpulan yang dikemukakan oleh siswa
· Guru memberi tugas kepada siswa tentang materi pembelajaran hari ini



Sumber belajar                        :
·         Buku biologi SMA 2B
·         Lembar kerja siswa
·         Media mikroskop da preparat awetan jaringan hewan
Penilaian                                 :
·         jenis tagihan               : laporan pengamatan jaringan hewan dan uji kompetensi  
                                          tertulis
·         instrument penilaian : lembar penilaian laporan hasil praktikum dan soal uji
                                         kompetensi tertulis
Evaluasi                       :
1.      Aspek Kognitif : Tes tertulis
NO
Sub Pokok
 Bahasan
Soal Instrumen
Kemampuan
Skor
C1
C2
C2
C4
C5
C6
1


2



3


4



5
Struktur jaringan hewan
Jelaskan  yang dimaksud dengan jaringan ?

Jelaskan macam macam jaringan pada hewan?




Sebutkan fungsi jaringan pada hewan ?



Jelaskan fungsi jaringan saraf ?





Apa saja bagian bagian sel saraf?

















































20





20




30



20





10
Kunci jawaban :
·         Jaringan adalah kumpulan sel yang mempunyai bentuk dan fungsi sama ( skor 15 )
·         Macam macam jaringan hewan yaitu :
1.      jaringan epitel yaitu jaringan yang melapisi permukaan tubuh
2.      jaringan otot yaitu tersusun atas sel sel otot yang tugasny menggerkkan berbagai bagian tubuh
3.      jaringan saraf yaitu tersusun atas sel sel saraf
4.      jaringan penguat yaitu jaringan penyokong atau penunjang ( skor 25 )
·         untuk membentuk organ tubuh pada hewan ( skor 20 )
·         Fungsi jaringan saraf menghubungkan sel saraf satu dan yang lainnya. Sel saraf mempunyai kemampuan bereaksi terhadap perubahan lingkungan.( skor 25 )
·         Sel saraf motorik, sensorik dan sel saraf penghubung ( skor 15 )

2.      Penilaian Afektif

No
Kategori jenis prilaku
Kemampuan internal
Kemampuan
A1
A2
A3
A4
A5
A6
1
Penerimaan

Kesadaran siswa untuk menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru secara lisan.







2
Partisipasi

Partisipasi siswa dalam menyediakan dan menyi-apkan media pembelajaran.







3
Penilaian dan penentuan sikap

Partisipasi siswa dalam membantu temannya saat pembelajaran..






4
Pembentukan / pola
Siswa menunjukkan keper-cayaan diri, siswa memilki disiplin pribadi.






5
Organisasi

Kerja sama siswa dalam berdiskusi







3.      Aspek psikomotor
NO
Kategori jenis prilaku
Kemampuan internal
Kemampuan
P1
P2
P3
P4
P5
P6
1



2


3


4



5
Persepsi



Kesiapan


Gerakan terbimbing

Gerakan kompleks


Kretivitas
 Siswa menjelaskan struktur jaringan pada hewan


Siswa bereaksi terhadap perintah dan pertanyaan guru.

Siswa melakukan diskusi yang diperintahkan oleh guru.

Siswa mampu mengadap-tasikan diri dalam kelompok dan dengan kelompok lainnya.

Siswa membuat gambar jaringan pada hewan





















ü   
ü   



































Tidak ada komentar:

Posting Komentar